Objek Wisata Alam Goa Pindul Gunung Kidul


Wisata Goa di Jogja / Friday, February 16th, 2018

Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten yang termasuk kedalam wilayah yogyakarta. Di gunung kidul memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat menarik, baik wisata pantai maupun wisata gua yang bisa ditemukan dengan mudah. Salah satu objek wisata andalannya adalah goa pindul yang berlokasi di dusun wirawisata, kelurahan bejiharjo, kecamatan karangmojo lebih tepatnya di kabupaten gunung kidul sekitar 7 kilometer dari pusat kota wonosari.

Aktifitas Di Gua Pindul

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di gua pindul adalah menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet. berpetualang di dalam gua dengan menggunakan perahu karet tentu menjadi moment yang mengasyikkan, para pengunjung akan diajak menyusuri sungai sekitar 50 menit. petualangan yang dilakukan di gua pindul tersebut sering di sebut dengan cave tubing.

Aliran sungai di gua pindul terbilang cukup tenang sehingga kegiatan cave tubing sangat aman di lakukan oleh semua kalangan bahkan untuk anak-anak. waktu yang paling baik untuk melakukan cave tubing adalah mulai dari jam 9 pagi hingga jam 10, karena pada jam-jam tersebut kondisi air dalam gua belum terlalu dingin.

Saat datang pada saat cuaca cerah anda  bisa melihat cahaya dari celah guna yang akan menambah semarak kegiatan cave tubing. pada saat memulai cave tubing di gua pindul para wisatawan akan dipandu oleh seorang pemandu wisata yang akan memberikan segala informasi mengenai legenda dan asal usul gua pindul. selain di suguhi dengan kegiatan cave tubing, para pengunjung juga bisa melihat bebatuan kristal, stalaktit dan stalagmit yang sangat indah.

Didalam gua terdapat pilar yang cukup besar yang terbentuk akibat pertemuan antara stalakmit dan stalaktit yang berusia ratusan tahun. sedangkan di bagian atas terdapat lukisan-lukisan yang dihasilkan oleh kelelawar yang hidup didalam gua. masuk lebih dalam lagi, anda akan di suguhi dengan kolam yang berukuran cukup besar. disana sering digunakan untuk tempat beristirahat para wisatawan yang lelah berenang.