Goa Sriti Kulon Progo, Goa yang Kental dengan Sejarah Pangeran Diponegoro


Wisata Goa di Jogja / Thursday, February 8th, 2018

Selain Goa Kiskendo, goa yang cukup populer lainnya di Kulon Progo yakni Goa Sriti. Goa ini terletak di Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, dan termasuk sebagai goa yang menyimpan catatan sejarah. Goa Sriti ini merupakan saksi bisau perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

Bagi penyuka sejarah, salah satu tempat wisata terbaik di Jogja ini sangat cocok dikunjungi karena menyimpan catatan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan Belanda, sama halnya dengan Goa Selarong yang berada di Bantul. Di tempat ini, Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdul Hamid Herucokro Amirul Mukminin Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawi atau disingkat Sultan Abdul Hamid.

Jika di Goa Selarong terdapat sebuah patung Pangeran Diponegoro naik kuda di pintu masuknya yang merupakan ikon goa tersebut, maka berbeda halnya dengan di Goa Sriti. Di Goa Sriti, patung Pangeran Diponegoro sudah terlihat di seberang jalan raya yang merupakan akses menuju di goa tersebut. Patung tersebut bergaya menunjukkan tempat yang memang sengaja ditujukan untuk menunjuk lokasi Goa Sriti.

Rute yang dilalui untuk mencapai goa tersebut pun tergolong mudah. Dari patung Pangeran Diponegoro tersebut, dari jalan raya tersebut pengunjung harus masuk dan naik ke sebuah bukit dengan jarak kurang lebih satu kilometer. Ketika sampai di pelataran goa, maka pengunjung akan melihat goa yang tampak seperti goa pada umumnya dan tampak tak terawat, serta sepi.

Pengunjung juga diperbolehkan untuk masuk ke dalam goa tersebut. Akan tetapi, untuk memasuki goa tersebut, pengunjung harus meminta juru kunci atau masyarakat sekitar yang mengetahui medan dalam goa untuk memandu selama memasuki goa yang gelap tersebut. Ketika memasukinya, pengunjung kaan mendapati stalaktit dan stalakmit yang tentunya selalu ditemukan di dalam goa pada umumnya.

Goa ini pun jika dilihat memang tampak tak begitu istimewa karena kurangnya perawatan dan sepinya wisatawan yang berkunjung di goa ini. Goa Sriti lebih terkenal dengan sejarahnya sebagai salah satu tempat berlindung Paneran Diponegoro dari kejaran Belanda. Oleh karenanya, diharapkan Pemda dapat turun tangan untuk mempercantik kawasan goa ini sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.