Goa Kiskendo


Wisata Goa di Jogja / Saturday, February 10th, 2018

Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata yang ada di Jogja pun beragam mulai wisata budaya, wisata alam, wisata edukasi dan yang lainnya. Nah, apabila kamu ingin wisata alam sekaligus wisata budaya maka kamu bisa berkunjung ke Kulonprogo.

Kulonprogo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Yogyakarta yang tidak kalah menyuguhkan pemandangan alam yang menarik. Jika kamu ingin wisata alam sekaligus wisata budaya maka kamu bisa berkunjung ke goa Kiskendo. Goa ini merupakan goa yang letaknya 1200 meter diatas permukaan laut dan terletak di Girimulyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo.

Lalu hubungan unsur budaya dengan goa tersebut? Goa Kiskendo merupakan goa yang sangat melekat dengan cerita wayangnya. Bahkan di dinding goa tersebut terdapat relief wayang yang menambah keelokasn goa tersebut. Goa ini menunjukkan keindahannya seperti stalaktit maupun stalakmitnya. Ketika akan memasuki goa maka kamu akan menjumpai goa sumitro yang memiliki dua mulut yakni mulut vertikal dan horisontal yang dibawahnya terdapat aliran sungai yang jernih.

Goa ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan cerita pewayangan. Berdasarkan mitos masyarakat bahwa dulunya goa tersebut merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Mahessura dan Lembusura. Seperti yang telah kita ketahui bahawa pewujudan Mahesssura adalah manusia dengan kepala kerbau sedangkan Lembusura perwujudan manusian dengan kepala sapi. Untuk cerita lebih lanjut, pengunjung bisa bertanya-tanya dengan pemandu yang ada.

Terlepas dari cerita rakyat yang melekat di goa ini, Goa Kiskendo menyuguhkan pemandangan dalam goa yang menakjubkan. Seperti goa-goa pada umumnya, goa ini gelap mamun tenang saja sudah terdapat penerangan meskipun sedikit remang-remang. Jika ingin melihat lebih maka kamu bisa membawa lampu penerangan seperti senter. Selama perjalanan ke goa cukup mudah karena sudah terdapat akses jalan setapak sehingga pengunjung akan lebih mudah menyusuri goa.

Untuk fasilitas di kawasan goa tersebut juga cukup lengkap mulai dari lahan parkir, toilet, rumah joglo dan taman bermain anak-anak. Disisi lain juga terdapat fasilitas outbond yang letaknya tidak jauh dari kawasan goa tersebut.