Goa Jepang Bantul, Tempat Menikmati Keindahan Bantul Selatan dari Atas Bukit


Wisata Goa di Jogja / Wednesday, February 14th, 2018

Bantul sekaan akhir-akhir ini sedang menggalakkan berbagai macam obyek wisata alam yang ada di daerah tersebut. Selain belakangan memunculkan obyek-obyek wisata bukit dengan pemandangan alam yang menarik, kini muncul pula obyek wisata di atas bukit sekaligus terdapat goa yang menarik untuk dikunjungi. Obyek wisata tersebut yakni Goa Jepang yang berada di Bantul Selatan.

Sesuai dengan namanya, goa Jepang ini memiliki sejarah yang tak lepas kaitannya dengan penjajahan Jepang yang berlangsung selama 3 tahun. Selama dikuasainya Indonesia oleh Jepang tersebut, Jepang pun membangun banyak goa atau benteng yang digunakan sebagai tempat untuk menyusun strategi peperangan Jepang untuk menyulitkan musuh-musuhnya.

Berada di ketinggian sekitar 400-500 mdpl, di lokasi goa peninggalan Jepang tersebut, terdapat 18 bunker yang berhubungan satu sama lain yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, antara lain untuk mempermudah distribusi senjata, amunisi, makanan, serta seluruh keperluan tentara Jepang selama peperangan. Tak hanya itu saja, bunker ini pun bertujuan untuk melihat jelas pantai-pantai selatan dan digunakan sebagai sistem pertahanan Jepang yang terkenal pada masa itu.

Terletak di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul, Goa Jepang tersebut menawarkan paket wisata yang komplit. Selain terdapat goa yang kental dengan sejarah, di tempat wisata tersebut juga menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, yaitu perbukitan hijau yang membentang dari utara hingga selatan dan garis pantai selatan yang indah. Tempat ini puncocok utnuk melihat sunset maupun sunrise.

Selain dapat menikmati goa dan pemandangan alam yang indah, serta udara yang menyejukkan, di goa ini kini terdapat banyak spot foto unik yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang ingin berselfie ria. Salah satu spot yang terkenal yaitu spot bunga merah raksasa yang di tengahnya dapat digunakan untuk berdiri pengunjung ketika berfoto. Di spot tersebut, tentunya pengunjung dapat melihat pemandangan sekitar yang sangat eksotis.

Fasiliatas yang ada di tempat wisata ini pun masih minim, yaitu belum etrdapat tempat parkir, toilet, dan fasilitas penunjang lainnya. Untuk masuk ke obyek wisata ini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.