Goa Gajah Mangunan, Tawarkan Sensasi Kegelapan dan Cahaya Surga


Wisata Goa di Jogja / Monday, February 5th, 2018

Goa Gajah merupakan goa yang terletak di kawasan Desa Wisata Mangunan, yaitu berlokasi di Dusun Lemahbang, Manunan, Dlingo, Bantul. Goa gajah tersebut merupakan goa alami yang di dalamnya terdapat gumpalan batu yang mirip seperti bentuk gajah, sehingga dinamakan ‘Goa Gajah’ oleh masyarakat sekitar.

Goa berbentuk horisontal ini memiliki kedalaman sekitar 200 m yang di dalamnya terdapat tumpukan tanah di sebagian goa yang menyebabkan goa sulit untuk dimasuki, sehingga kedalaman pasti dari goa tersebut belum bisa diketahui. Sama seperti kebanyakan goa, goa ini masih begitu alami dengan sekitar mulut goa yang masih terdapat tumbuhan hijau yang rimbun dan di dalam goa sendiri terdapat hiasan stalaktit dan stalakmit di sepanjang di dinding goa.

Tak hanya pepohonan hijau alami saja yang mempercantik mulut goa, di ujung goa pun juga terdapat pepohonan dan semak-semak hijau yang masuk ke dalam goa yang disebabkan ambrolnya atap goa. Yang paling mencolok, diujung goa ini terdapat sebuah pohon besar yang menjulang tinggi hingga keluar goa.

Jika kamu ingin menyusuri goa tersebut, alanghkah lebih baik jika kamu meminta penjaga goa untuk menemani kamu karena di dalam gua ini terdapat beberapa jalur dan jalur tersebut ada yang harus kamu lewati dengan cara menunduk dan sangat gelap. Belum ada pula peralatan safety untuk memasuki goa tersebut, sehingga pengunjung harus berhati-hati ketika memasuki goa.

Di dalam goa tersebut terdapat beberapa ruangan, slah satunya ruangan yang lebar dan besar. Ruangan-ruangan tersebut diberina nama mirip bangunan keraton, seperti pendopo, kepatihan, keputren, dan papan abadi. Selain nama bangunan khas keraton, terdapat pula sebuah ruangan dengan nama seseorang atau petilasan yang namanya belum ada di papan informasi.

Goa Gajah ini pun sebenarnya belum dieksplorasi secara keseluruhan karena maish banyak ruang yang tertutup batuan. Di goa ini pun juga sering ditemui berbagai binatang, salah satunya kelelawar. Selain menawarkan kondisi goa yang gelap, goa ini juga menawarkan sensasi yang menantang ketika akan keluar dar goa, yaitu harus maniki tangga vertikal setinggi 10 m yang memunculkan cahaya pada siang hari. Cahaya ini pun juga disebut sebagai cahaya surga karena dapat menyinari beberapa tempat di dalam goa.