Goa Cerme, Pesona Goa yang Indah Berbalut Sejarah Masa Lampau


Wisata Goa di Jogja / Monday, February 5th, 2018

Obyek wisata alam di Yogyakarta memang selalu menarik untuk dieksplorasi. Tempat-tempat wisata alam yang menarik tersebut antara lain berbentuk pantai, bukit, puncak, air terjun, dan yang tak kalah menarik lainnya adalah obyek wisata goa.

Tak hanya di daerah Gunung Kidul saja yang terdapat banyak goa, tetapi di Bantul juga terdapat banyak sekali goa yang patut untuk dikunjungi. Salah satu goa yang populer di Bantul yaitu Goa Cerme, yang terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Goa Cerme ini merupakan goa yang terkenal akan sejarahnya. Tak hanya sebagai saksi bisu selama perang kemerdekaan saja, tetapi goa ini juga merupakan saksi bisu tempat bertemunya para Wali Songo untuk membahas pendirian Masjid Agung Demak dan tempat berdakwah para wali.

Goa ini pun termasuk sebagai salah satu goa yang besar dan panjang di Yogyakarta karena memiliki panjang sekitar 1,5 km. Selain menawarkan keindahan goa dengan stalaktit dan stalakmitnya, di dalam goa ini jug aterdapat sungai bawah tanah yang jernih. Bagi kamu pecinta tantangan yang memacu adrenalin, terutama di tempat yang sempit dan lembab, maka aktivitas susur goa dapat kamu lakukan disini.

Ketika melakukan susur goa, pengunjung pun tak hanya harus melewati goa yang sempit, lembab, dan gelap saja, tetapi juga berair karena adanya sungai bawah tanah tersebut. Apabila sedang musim hujan, pengunjung pun tidak diperkenankan untuk masuk terlalu jauh ke dalam perut goa tersebut karena debit air sungai tersebut akan meningkat, bahkan bisa mencapai setinggi pundak orang dewasa. Oleh karenanya, akan lebih baik jika pengunjung melakukan susur goa ketika musim kemarau.

Goa Cerme tersebut pun juga kental dengan aura mistisnya. Pada malam-malam tertentu, di goa ini sering digunakan oleh masyarakat sekitar maupun orang-orang dari berbagai daerah untuk bersemedi atau bertapa di goa ini bagi yang percaya dengan aliran tertentu dan percaya dengan dunia mistis.

Baiay masuk ke Goa Cerme cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp. 2.000,- saja dan biaya parkir sebesar Rp. 3.000,- saja untuk sepeda motor. Bagi pengunjung yang ingin menyusuri goa, maka harus merogoh kocek sebesar Rp. 50.000,- yang sudah termasuk biaya pemandu untuk memandu lima orang. Akan tetapi, biaya tersebut belum termasuk biaya perlengkapan lainnya seperti senter yang harus disewa dengan harga Rp. 5.000,-.